Home » Uncategorized » Mohon Doa Restu

Mohon Doa Restu

Spanduk ukuran besar 2 x 4 Meter terpasang di halaman depan Pasraman Jnana Sila Bhakti Batam. Tepatnya disamping tangga akses menuju mandala utama dari arah Pasraman. Mohon Doa Restu, Pembangunan Gedung Sekretariat Parisada Prov. Kepri., Bantuan Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI tahun 2019. Demikian untaian kalimat tercetak di spanduk tersebut.
Setelah berdiri, bangunan tersebut akan difungsikan sebagai gedung secretariat bersama semua Lembaga keagamaan yang ada di kota Batam. Paling tidak ada sepuluh Lembaga dibawah pengawasan Parisada Provinsi. Selama ini selain Pasraman yang sudah memiliki kantor, tak satupun lembaga lainnya memiliki secretariat secara physic.
Lokasi pembangunan Gedung Sekretariat tersebut bukanlah disekitar terpasangnya spanduk. Melainkan diposisi Timur Laut tanah pura. Tepatnya disamping Pelinggih Brahma, atau orang sering nyebutnya di areal Bali Jegeg, dimana dulu pernah ada bangunan rumah makan Bali yang diberi nama Bali Jegeg. Nama tersebut masih melekat sampai sekarang namun lambat laun sirna seiring hilangnya bangunan rumah makan tersebut.
Pemasangan patok-patok bangunan gedung sudah dilakukan pada tanggal 11 Agustus 2019 oleh para pemangku kepentingan, dipimpin langsung oleh ketua Parisada Kepri yang didampingi oleh beberapa pengurusnya, Para pinih sepuh dan jero mangku.
Upacara Ngruak Karang dan Matuur Piuning, istilah umumnya peletakan batu pertama dilaksanakan hari Senin 12 Agustus 2019 yang dipimpin oleh Jero Mangku Putu Satria Yasa bersama Jero Mangku Agung Arif Suryanata. Dihadiri oleh beberapa tokoh umat termasuk para ketua Lembaga.
Kalau diperhatikan photo bangunan sebagai latar belakang spanduk tersebut, adalah bangunan style bali dua lantai. Mirip rumah mewah style Bali. Yang jauh dari kata minimalis alias boros ruangan. Biasanya ruangan termakan hiasan ornament yang bercorak bali. Tiang-tiang penyangga biasanya menjadi besar karena penuh ornament. Tapi akankah gedung yang akan dibangun nanti seperti photo tersebut? Ya belum tentu juga. Mungkin hanya sebagai pemanis spanduk saja.
Mari kita berdoa semoga rencana tersebut segera terealisasi dan pembangunannya berjalan dengan lancar.