Home » berita Umat » Persiapan Piodalan 2019

Persiapan Piodalan 2019

Puncak upacara piodalan di tahun 2019 ini jatuh pada hari Selasa 12 Nopember 2019, yaitu bertepatan dengan Purnama Kedase (ke sepuluh). Piodalan kali ini adalah piodalan yang ke-10 dimana upacaranya dilaksanakan satu tahun sekali karena mengambil patokan di Purnama kedasa.
Sebagai Pelaksana Tehnis Piodalan tahun ini dipegang oleh Banjar Nagoya dengan klian Banjar I Dewa Made Anom Sudibya. Tentu saja dibantu oleh seksi-seksi lain yang diambil dari semua Banjar.
Susunan panitia sudah dibentuk dan telah melaksanakan rapat perdana tanggal 24 September 2019. Dalam rapat telah disepakati beberapa hal diantaranya : perwakilan panitia telah tangkil ke Griya Ida Pedanda Gde Nyoman Putra Talikup bahwa beliau berkenan muput upacara Piodalan untuk kedua kalinya. Beliau akan tiba di Batam didampingi beberapa pengiring pada Minggu pagi 10 Nopember dan sore harinya beliau berkenan muput Upacara Melasti.
Tingkatan Upacara yang dipakai adalah Banten Pulegembal dan Caru Manca Sata dan Gelar Sanga. Tentu saja ini disesuaikan dengan kemampuan umat di Batam sesuai dengan sikon. Yang perlu dipertimbangkan adalah kemampuan/ skill umat khususnya Serati Banten, kemampuan financial dan waktu yang tersedia.
Ida Pedanda juga berkenan muput Upacara Rajaswala yaitu Upacara untuk anak-anak yang menginjak usia Remaja. Pembiayaannya dibebankan kepada masing-masing peserta dan jika ada kekurangan maka akan dicarikan solusi terbaik. Untuk itu bagi umat yang berkeinginan mengikuti upacara ini diharapkan segera berkoordinasi dengan Panitia.
Persiapan Upakara telah dimulai pada Minggu 20 Oktober 2019 dengan gotong royong membuat klatkat, dan Ibu-ibunya mejejahitan untuk bahan upakara yang bisa tahan lebih lama.


Hari Minggu berikutnya juga ada gotong royong melanjutkan pembuatan klatkat dan membuat kelapa daksina. Bagi umat yang punya waktu luang atau sambil ngantar putra putrinya sekolah di pasraman, diharapkan untuk bergotong royong.
Effektif mulai tanggal 2 nopember 2019, persiapan akan diintensifkan dengan gotong royong setiap hari. Serati banten sudah harus membuat sarana upakara. Setiap hari baik siang maupun malam akan ada kegiatan gotong royong. Umat dipersilakan datang sesuai dengan ketersediaan waktu masing-masing.
Panitia telah menetapkan besaran iuran wajib bagi semua umat dan sumbangan sukarela yang tidak terbatas. Bagi yang berkeinginan berdana punia dipersilakan transfer ke rekening BRI 2117 0100 0067 302 atas nama Pura Agung Amerta Bhuana Batam dan konfirmasi ke Panitia.