Home » pura » Selayang Pandang Pura Agung Amerta Bhuana

Selayang Pandang Pura Agung Amerta Bhuana

hastau dana-vivarjitau srutiputau

sarasvatadrohinau netre sadhu-vilokanena

rahite padau natirtham gatau anyayarjita

                             vitta purnamudaram garvenatunggam siro

                                 rere jambuka munca munca sahasa nicam

                                  unindyam vapuh (Canakya Nitisastra)

Pembangunan di Pulau Batam untuk kawasan industri dan Pariwisata telah berjalan dengan pesat. Pembangunan phisik Batam telah berlangsung selama kurang lebih 35 tahun telah menghasilkan bangunan serta sarana sarana lain yang dapat menunjang perkembangan ekonomi dan kehidupan sosial di Pulau Batam. Umat Hindu di Pulau Batam harus juga bangkit menghadapi perkembangan ekonomi, politik dan pembangunan yang demikian pesat dibandingkan dengan daerah lain di kepulauan Riau. Persiapan ini direncanakan secara matang dan menyeluruh dari segi materiil maupun spiritual, untuk menunjang Kota Batam menjadi Bandar Dunia yang madani. Saat ini di Kota Batam telah tersedia sarana ibadah umat Hindu yaitu Pura Agung Amerta Bhuana yang letaknya sangat strategis nyegara gunung dengan hamparan pemandangan alam yang indah. Di sekitarnya terhampar Danau Sei Ladi dan Selat Malaka. Pura ini beralamat di Jalan Gadjah Mada No. 3 Sei Ladi, Batam. Sekitar 40 menit dari arah Bandara Hang Nadim, Sekitar 20 menit dari Terminal Ferry Batam Center, atau 15 menit dari Terminal Ferry Sekupang.

Pura Agung Amerta Bhuana dibangun dengan pertimbangan pertimbangan secara aspek

  1. Bentuk bangunan pura yang berornamen Hindu klasik yang digabungkan dengan konsep modern akan memperkaya Pulau Batam sebagai salah satu gerbang pariwisata di Indonesia bagian barat laut menjadi miniatur kebhinekaan Indonesia.
  2. Sebagai tempat beribadat bagi umat Hindu di Batam khususnya dan umat Hindu didunia pada umumnya dengan salah satu bangunan monumental yang akan menjadi memiliki nilai nilai sejarah yang akan datang.
  3. Berdasarkan sejarah yang telah ada, Pura Agung Amerta Bhuana juga diharapkan sebagai sarana peribadatan yang merupakan khasanah untuk melestarikan nilai nilai budaya suatu bangsa.
  4. Memperkaya atraksi pariwisata , dimana arsitektur yang bernuansa Hindu merupakan salah satu dari komponen pariwisata budaya.

Tinjauan Historis Pura agung Amerta Bhuana Batam